Untuk generasi Berau yang semakin maju
Kamis, 09/03/2023 07:00:03
1. Dasar hukum pelaksanaan yaitu Peraturan Bupati Berau Nomor 19 Tahun 2020 tentang
Perubahan Ketiga atas Peraturan Bupati Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Dana Beasiswa
oleh Pemerintah Daerah
2. Jenjang pendidikan SMA/SMK/MA sederajat dan mahasiswa D2/D3/D4/S1(semester 1 s/d 7)
3. Terdapat 2 kategori beasiswa yaitu beasiswa tidak mampu/miskin (diutamakan) dan beasiswa prestasi
4. Masyarakat yang tidak mampu atau miskin harus terdaftar pada Kartu Berau Sejahtera (KBS)/
Basis Data Terpadu (BDT)/DTKS yang dikelola oleh Dinas Sosial Kabupaten Berau atau
Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Kampung
5. Beasiswa prestasi akademik/non akademik untuk SMA/SMK/MA melampirkan sertifikat OSN atau juara lomba akademik/non akademik
sedangkan beasiswa prestasi untuk mahasiswa yaitu minimal nilai IP/IPK 3,25 dalam skala 4,00
6. Pendaftaran dibuka dari tanggal 17 Maret 2025 sampai dengan 30 Mei 2025
via online beasiswa.beraukab.go.id
7. Seleksi (tentatif)
8. Pengumuman seleksi (tentatif)
9. Formulir dan persyaratan dapat diunduh di
https://beasiswa.beraukab.go.id/berita/formulir-beasiswa-berau
10. Untuk pemohon/pendaftar dari kalangan mahasiswa, harus yang masih aktif kuliah dan
tidak sedang wisuda serta bukan mahasiswa yang mengambil profesi/sudah bekerja
11. Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum mulai mendaftar via online adalah :
Nomor Induk Kependudukan (NIK) – bisa dilihat pada KIA/KTP/KK
Akun email aktif dan valid – tidak lupa password emailnya sendiri dan dapat diakses secara mandiri
No WhatsApp – aktif dan terkoneksi dengan internet
Password – mudah diingat, minimal 8 karakter, terdiri dari kombinasi huruf dan angka, tanpa spasi dan simbol,
wajib diingat dan dicatat baik-baik sehingga tidak lupa/hilang dll
12. Pilihan jenis beasiswa berikut persyaratannya bisa dilihat di link ini https://s.id/UfZKd
13. Bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat dan mahasiswa yang menempuh kuliah di wilayah Kaltim dan Kaltara
wajib menggunakan rekening Bank Kaltimtara atas nama pendaftar, disarankan menggunakan Simpanan Pelajar (SimPel)
14. Sedangkan mahasiswa yang menempuh kuliah di luar wilayah Kaltim dan Kaltara wajib
menggunakan rekening bank milik pemerintah (BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Kaltimtara) atas nama pendaftar, disarankan menggunakan Simpanan Pelajar (SimPel)
15. Dokumen persyaratan (KTP/KIA, KK, Buku Rekening dll) maupun surat pernyataan harus di-scan terlebih dahulu
untuk kemudian di-upload pada sistem beasiswa. File untuk upload dokumen dengan format PDF dan
ukuran tiap filenya dibawah 1 Mb
16. Tutorial cara upload dokumen ada di link ini https://s.id/32kwA
17. Jika ada pertanyaan mengenai teknis persyaratan maupun berkas yang harus diupload
silahkan menghubungi Bagian Kesra contact person 082251292700, 081251300659, 085348107421